Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat
pengobatanmatakatarak.blogspot.com,- Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting, karena peran fungsi mata terhadap kesehatan sangat luar biasa untuk mencegah berbagai jenis penyakit, salah satu penyakit katarak. Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan mata.

1. Sering Memeriksakan Mata ke dokter

Langkah ini merupakan salah satu pencegahan pertama untuk mengantisipasi berbagai penyakit mata. Baik untuk usia anak-anak, muda, hingga usia lanjut harus sering memeriksakan mata ke dokter mata, minimal 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga mata sehat dan terlindungi. Apalagi orang tua yang sudah berusia 40 tahun keatas, sangat disarankan sekali memeriksakan mata setahun sekali, karena usia segitu sangat rentan terhadap glaukoma dan katarak. Sedangkan untuk anak-anak yang hoby nya main game dan melihat layar secara dekat sangat rentan terhadap gangguan mata, karena efek dari radiasi yang dihasilkan layar monitor dan ponsel.
Dengan pemeriksaan secara rutin maka akan menghindarkan diri dari penyakit mata dan dapat terdeteksi secara dini apabila ada komplikasi yang berhubungan dengan mata, salah satunya akibat diabetes dan hipertensi.

Baca juga : Obat Mata Merah dan Berair

2. Memperbanyak Makanan Bernutrisi

Sudah umum, bahwa kesehatan sangat tergantung pada asupan nutrus sehari-harinya, tidak terkecuali mata. Beberapa penelitian menunjukan, apabila asupan vitamin C dan E, lutein, asam lemal omega-3 dan zinc dapat menghindari permasalahan pada mata, terutama pada usia lanjut agar terhindar dari penyakit mata katarak dan degenerasi makula mata. Makanan bernutrisi ini bisa anda dapatkan diberbagai sayuran hijau, ikan salmon, kacang-kacangan, buah blueberry, buah blackberry,jeruk, tuna dan telur. Maka dengan begitu sangat dianjurkan sekali memperbanyak mengkonsumsi makanan bernutrisi untuk dapat menjaga kesehatan mata anda.

3. Kurang Menatap Layar Monitor

Dengan banyak menatap layar monitor bukan hanya dapat merusak mata, namun juga dapat menyebabkan beberapa gejala seperti sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung. Untuk mata sendiri kebiasaan ini akan memberikan efek negatif terhadap mata, diantaranya sulit fokus melihat kejauhan, daya penglihatan menurun, pandangan kabur, mata kering, dan tegang. Untuk menghindari itu semua, dianjurkan untuk mengistirahatkan mata, setidaknya 15 menit hingga 2 jam sekali, dan sering mengedipkan mata.

4. Hindari Merokok

Merokok memang sangat merusak kesehatan, terutama pada mata yang dapat memicu penyakit katarak, degenarasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat meningkatkan resiko kebutaan akibat rusaknya retina mata. Selain berbahaya pada mata, merokok juga dapat menyebabkan timbunan flak yang membat sirkulasi darah terganggu yang mengakibatkan menurunnya arteri yang dapat memicu serangan jantung.

5. Memakai Pelindung Mata

Bukan hanya kulit yang harus dilindungi, namun mata juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari. Ketika mata anda sering terkena paparan matahari maka besar kemungkinan anda akan mengalami mata katarak, penyakit makula degenerasi, kornea terbakar, hingga kanker kelopak mata. Maka dari itu, kami sarankan kepada anda yang banyak menghabiskan diluar rungan yang sering panas-panasan untuk memakai pelindung mata, bisa menggunakan topi ataupun kaca mata yang anti UV.

6. Rutin Berolah Raga


Dengan rutin melakukan aktivitas olah raga sangat baik terhadap kesehatan, termasuk mata. Beberapa hasil penelitian mengutarakan bahwa dengan olah raga dapat mengurangi resiko daya penglihatan menurun yang disebabkan tekanan darah tinggi, diabetes dan akibat penyempitan pembuluh darah.

7.Membersihkan Bekas Make-up

Bagi yang suka tata rias wajah, baik menggunakan krim maupun cair, harap segera membersihkannya sesudah penggunaannya. karena make-up dapat mengundang bakteri dan tumbuh dengan mudah. Di anjurkan sekali untuk membersihkan wajah hingga bersih sebelum maupun sesudah menggunakan make-up. Hal ini bertujuan agar mata anda tidak mengalami infeksi akibat dari efek samping make-up tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk dapat merawat dan menjaga kesehatan mata agar senantiasa selalu dalam kondisi sehat dan baik. Selain cara diatas juga, yang perlu anda perhatikan adalah ketika mata anda kena debu atau pasir, segera bilas dengan air yang bersih dan hindari menggucek mata karena dapat menimbulkan luka pada mata hingga iritasu yang dapat mata berubah menjadi merah.

Baca artikel selanjutnya : Obat Herbal Mata Katarak Tanpa Operasi

0 Response to "Tips Menjaga Mata Tetap Sehat"

Posting Komentar